SaY : "HeLLo!!!"

"orang yang tak memiliki idealisme akan segera berbuat salah, segera memilih [cara yang mudah]"
Fly, Daddy, Fly [komik] page 82

03/07/10

Cara (Gila) untuk Berhemat

Hweeew… daH Lama ga update ni… huhuhu…

Kata orang-orang, kalo lagi kepepet, biasanya manusia jadi kreatif.
Rupa-rupanya, hal ini juga berlaku untuk diriku... HuHuy...

Dapet kerja di Ibu Kota setelah sekian lama harus menanti, jelas saangaaat aku syukuri.
Akhirnya..., aku ga perlu lagi terus bergantung pada ortu. berharap bisa mengurangi beban dan sedikit membantu mereka.
Impian yang standar lah... ga muluk2... secara kalo dipikir-pikir aku ni boleh dibilang bukan anak yang sering nyenengin ortu juga,
yah... sekali-kali lah jadi anak berbakti, walau cuma "dikit" ci... wkwkwk...

Dah hampir satu minggu aku hidup di Ibu Kota, tiba-tiba aku dapet kabar buruk dari orang HR :
"mbak, gaji mbak belum bisa dibayarkan akhir bulan ini, karena mbak baru menandatangani kontrak setelah akhir perhitungan anggaran"



"MAMPUS!!!
Modal gw ga bakalan cukup ni kalo musti nunggu satu setengah bulan lagi. Alamak..., masak gw musti minta ke ortu lagi sih???" Gitu pikirku
(gayamu cah... gek neng jakarta pirang dino, wz sok nganggo boso gaul)

Kebetulan, yang jadi orang baru di kantor itu bukan cuma aku, ada satu orang lagi yang masuknya pas barengan sama aku dan kebetulan dia adek angkatanku waktu masih jaman kuliah. Kabar buruk itu langsung aku kabarkan ke dia via email.
"dek, mau aku dikandhani wong HR. Jarene, dewe le gajian lagi sasi ngarep (akhir Juli). huhuhu..."
Kontan kabar ini juga membuatnya kaget dan langsung dateng ke ruanganku keesokan harinya.
"wah... piye iki?wingi jare bu **** akhir sasi iki wiz nompo gaji, lha kok berubah meneh?? Kowe dikandhani sopo-e mbak???" tanya adik angkatanku
"aku wingi diomongi bu *****."kataku
"akhire aku yo mau njuk takon bu **** meneh, bu **** njuk ngomong, takon wong finance wae..., wah piye iki, abot nek ngene" katanya lagi
dst...
dst...
dst...
(belakangan aku tau klo temenku ini ternyata gajiannya tepat, coz dia dah tanda tangan kontrak sebelum akhir perhitungan anggaran… huhuhu)


Karena diskusi kami berdua tidak menemui ujung yang jelas, akhirnya kamipun bubar. Kalo diperpanjangpun ga ada gunanya, dan bisa berbahaya, cz kerjaan kami berdua bisa-bisa tidak terselesaikan.

Hari menjelang sore, waktu pulang kantor sudah dekat. Seniorku yang sama-sama satu blok denganku akhirnya tau tentang kabar penundaan gajiku.
Rupa-rupanya, mereka orang baik dan masih peduli, bahkan sampe nawarin kas bon ke aku. Tapi aku tolak dengan halus, karena ngerasa nggak enak sama mereka. Trus, waktu aku dah siap-siap mau pulang dari kantor, salah seorang seniorku membungkuskan satu nasi kotak jatah makan siang, untuk aku bawa pulang. (di kantorku, makan siang dapet jatah nasi sayur, lauk, buah dan kerupuk komplit. Lumayan enak dan cukup bergizi lah...)
Trus dia bilang: "aku dulu juga sering bawa pulang kok, lagian mubazir juga kalo dibiarin aja, ntar juga akhirnya cuma dibuang ma OB"
(mesthi mase ki kelingan gek jaman de'e iseh pegawe anyar ki!!! wkwkwk...)


Hehehe... dari sinilah, mulai muncul berbagai macam ide untuk extra ngirit ala aku..., berikut rekapannya :

  1. Cara Mengerangi Pengeluaran untuk Ongkos Transportasi
    Kalo ini sih, semua orang dah tau… Caranya ya gampang, cari kosan ato tempat tinggal yang deket dengan kantor, so kita bisa jalan kaki ke kantornya… Sekalian olah raga lah…

  2. Cara Hemat Makan
    Bawa pulang nasi kotak dari kantor yang masih utuh. Karena seniorku adalah orang-orang marketing, jadi kadang ada beberapa diantara mereka yang sering keluar kantor and makan siang di luar, so jatah mereka bisa aku ambil deh... Lumayan buat makan malem...

  3. Cara Hemat Minum
    Di kantor, disediakan air minum gratis plus teh+kopi+creamer. So, klo pengen minum teh/kopi, cukup bikin di kantor. Trus, buat minum di rumah, bawa pulang aja air dari kantor. Caranya, pake botol air minuman kemasan yang isinya 1,5Lt, trus klo dah deket2 jam pulang kantor, diisi deh tu botol, ntar pas pulang, masukin ke tas trus bawa pulang deh dengan tenang. Jadi ga usah beli galon deh,.. hehehehe

  4. Cara Agar Sepatu Awet
    supaya sepatu awet, caranya gampang, jangan sering-sering dipake!!! trus ke kantor pake apa??? kalo aku, tiap hari ke kantor pake sendal jepit. Sepatuku aku tinggal di laci kantor dan aku pake kalo mau ketemu sama bos-bos aja... hehehe. Secara ke kantornya jalan kaki, sepatu lebih cepet jebol lah kalo aku pake dari rumah. Apalagi yang aku pake tu model-model sepatu cewek gitu..


  5. Cara Mengurangi Pengeluaran untuk Deterjen+Pewangi Pakaian
    Pake bawahan yang warnanya gelap dan pilih bahan yang ga mudah mbladus (opo yo bahasa indonesiane mbladus ki???), jadi bawahannya ga usah sering-sering di cuci dan bisa dipakai berulang-ulang. Selain menghemat deterjen, ini juga menghemat tenaga lho...


setelah melakukan hal-hal di atas, pengeluaranku per hari bisa ditekan menjadi nol rupiah... hehehe... hemat to???
untuk tips2 lainnya nanti aku tambahin lagi kalo dah kepikiran... Selamat mencoba dan semoga sukses...
(opo to iki???)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar